Halo Thomas Pernah dengar istilah WoM? apa itu perusahaan keuangan WOM finance yang dimaksud? he..he… bukan itu maksud saya Word of mouth (WoM) dalam ilmu pemasaran adalah sebuah komunikasi tentang produk dan jasa antara orang-orang yang dianggap independen dari perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, dalam medium yang akan dianggap independen dari perusahaan. Menurut George Silverman dalam bukunya, The Secret of WOM Marketing, komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti berbicara langsung, melalui telepon, email, list group, atau sarana komunikasi lainnya. Di era digital seperti sekarang ini Strategi WoM bisa dijalankan lewat social media, email maupun website Misalnya ketika orang membeli produk di sebuah marketplace kemudian dia memberikan review di marketplace tersebut. Secara tidak langsung dia sudah melakukan strategi WoM Strategi ini sangat simple dan tidak butuh biaya besar. Cocok dengan kultur orang Indonesia yang suka bersosialisasi Apalagi di era digital, hubungan sosial tidak dibatasi jarak dan waktu Ditambah lagi perilaku konsumen sekarang ini selalu lihat review orang lain dulu sebelum putuskan beli produk Lalu gimana caranya agar dapat WoM yang positif? 1. Berikan service yang terbaik Dengan memberikan service atau layanan terbaik, Anda tidak perlu kuatir ditinggalkan pelanggan. Perlakukan mereka dengan hormat, sopan dan empati. Dan Anda bisa mendapatkan WoM positif ketika mereka dengan sendirinya memberitahu teman, keluarga serta orang-orang disekelilingnya tentang produk Anda 2. Siapkan jalur komunikasi yang mudah Terkadang pelanggan memiliki pertanyaan seputar produk Anda mesti siapkan jalur komunikasi yang mudah, sehingga masalah mereka dapat segera terjawab 3. Manfaatkan KOL KOL adalah Key Opinion Leader.yaitu orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan. KOL lebih banyak didengar orang pada umumnya karena dianggap ahli dalam bidang tertentu.Ketika KOL tepat maka WoM berjalan efektif 4. Libatkan pelanggan di social media Gunakan social media untuk mempromosikan produk Anda Anda bisa libatkan pelanggan contohnya Postinglah foto pelanggan ketika menggunakan produk Anda, serta tag atau mention mereka dan ucapkan terima kasih Pelanggan menjadi senang dan bangga sudah menggunakan produk yang Anda jual. 5. Dapatkan testimoni pelanggan Untuk mendapatkan WoM positif, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan review positif bisa berupa text atau video. Kemudian Anda memberikan semacam reward misal diberikan voucher diskon setelah pelanggan memberikan review positif. Dan Anda bisa memasang review positif tersebut untuk meyakinkan konsumen lain Siapkan jalur agar pelanggan dapat dengan mudah dan cepat membuat review menggunakan tools pembuat halaman review ini Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Thomas meningkatkan omzet penjualan lebih gila-gilaan lagi.
Sukses Selalu... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar