Apa aja sih formulanya?
Formula ini bisa di aplikasikan di perusahaan, konten yang kamu buat, social media updates, konten di website dan lainnya.
1. Three-Act Structure
Setup - Atur adegan dan perkenalkan karakter dari cerita anda.
Confrontation - Sajikan masalah yang dihadapi si karakter dan bangun ketegangan.
Resolution - Berikan klimaks dari cerita dengan memecahkan masalah (dengan produk atau jasa kamu)
2. Five-Act Structure
Exposition - Bagian dari cerita yang memperkenalkan latar belakang informasi penting kepada audience.
Rising action - Ceritakan rangkaian peristiwa untuk membangun hingga klimaks.
Climax - Ubah bagian cerita (biasanya bagian yang paling menarik dari cerita)
Falling action - Ceritakan konflik antara si A dan si B (masalah A dan masalah B) di mana hasil akhir dari konflik diragukan.
Dénouement - Akhiri cerita dengan resolusi (dengan produk atau jasa kamu)
3. Before – After – Bridge
Before - Atur tahapanan masalah yang mungkin target audience kamu akan alami - idealnya masalah yang perusahaan kamu bisa pecahkan.
After - Bayangkan apa jadinya jika masalah audience kamu terpecahkan - gambarkan bahwa masalah itu tidak ada.
Bridge - Jelaskan bagaimana masalah terpecahkan atau sajikan solusi (dengan produk atau jasa kamu)
4. Problem – Agitate – Solve
Problem - Identifikasi masalahnya
Agitate - Perkuat masalah
Solve - Memecahkan masalah dengan menawarkan produk atau jasa kamu
5. The Golden Circle
Why - Kenapa perusahaan kamu ada? Kenapa kamu ada di bisnis ini? Apa yang memotivasi kamu?
How - Bagaimana perusahaan memenuhi WHY? Jelaskan bagaimana perusahaan kamu akan mencapai Why
What - Apa yang perusahaan lakukan untuk memenuhi WHY, jelaskan secara nyata yang kamu lakukan untuk membawa WHY jadi kenyataan
6. The Magic Formula
Incident - Ceritakan pengalaman pribadi yang relevan untuk menarik perhatian audience kamu.
Action - Jelaskan tindakan spesifik yang diambil untuk memecahkan atau mencegah masalah.
Benefit - Selesaikan cerita dengan menghubungkan perubahan pada manfaatnya (testimonial customer kamu)
7. The V Formula
Introduce - Perkenalkan karakter dari cerita kamu.
Lowest Point - Bawa cerita ke titik terendah.
Happy Ending - Mengubah keadaan dan diakhiri dengan akhir yang bahagia.
8. Star – Chain – Hook
Star - Pembukaan yang positif untuk menarik perhatian audience kamu.
Chain - Serangkaian fakta, manfaat dan alasan (untuk mengubah perhatian audience kamu jadi sebuah keinginan)
Hook - call-to-action yang kuat (berikan mereka sesuatu yang actionable untuk memenuhi keinginan mereka)
9. The structure of great talks
What is - Mulai dengan menjelaskan situasi saat ini kemudian bandingkan itu dengan masa depan yang lebih baik.
What could be - Buat masa sekarang tidak menarik dan masa depan yang menarik.
New bliss - Akhiri cerita dengan keadaan baru yang indah dimana produk atau jasa kamu diadopsi
***
Nah, Anda tinggal pilih, formula mana yang sekiranya ingin Anda gunakan?
Oh iya, jika Anda ingin mengikuti waiting list untuk mendapatkan buku "Story Telling" langsung saja kesini 👇
Tidak ada komentar:
Posting Komentar