Rabu, 18 Maret 2020

Pesan dari Co-CEO Gojek: Bagaimana Kami Mengupayakan Semuanya Aman di Tengah Tantangan COVID-19

 
Gojek
Pesan dari Co-CEO Gojek: Bagaimana Kami Mengupayakan Semuanya Aman di Tengah Tantangan COVID-19

Hai Gojekers,
 

Semoga Anda sehat selalu dan membaca pesan ini dengan nyaman di rumah.
 

Penyebaran COVID-19 telah menjadi tantangan global, dan Gojek telah menetapkan prioritas untuk meningkatkan kapabilitas di dalam ekosistem kami agar semuanya aman sehingga mitra driver, mitra usaha, merchant, karyawan serta masyarakat luas tetap produktif dan menjalani kehidupan secara normal. Ini bukan tugas yang sederhana, dan kami bangga bisa menjadi salah satu perusahaan terdepan di industri teknologi yang tercepat dalam merespons krisis ini melalui fokus di tiga area utama.
 

Pertama adalah Social Distancing atau Pembatasan Jarak Sosial. Gojek mengkampanyekan gerakan #dirumahaja yang diinisiasi oleh Najwa Shihab dan tim Narasi, yang menerapkan konsep social distancing atau pembatasan sosial dengan menjaga jarak, sehingga bisa mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini kami juga terapkan dalam seluruh operasional kami, baik untuk karyawan maupun para mitra kami.

  • Mitra GoFood kami mengimplementasikan layanan contactless delivery sehingga makanan tetap diantar dengan meminimalisir kontak langsung.
  • Gojek telah mewajibkan kerja dari rumah (Work From Home) bagi ribuan karyawan di kantor pusat Gojek sejak 12 Maret sebagai implementasi social distancing. Ini juga berlaku bagi karyawan kami di India, Singapura dan Filipina, sementara Vietnam dan Thailand segera menyusul.
  • Senin lalu, kami juga merilis pedoman kerja dari rumah (work from home) ke publik yang saat ini sudah diunduh hingga 5.500 kali, kemungkinan besar menjadikan pedoman itu paling banyak dibaca di Indonesia.
  • Kami berharap melalui pedoman itu maka perusahaan, karyawan dan setiap individu dapat tetap produktif ketika bekerja di rumah.

 

Fokus area Kedua adalah Gaya Hidup Sehat. Gojek secara intensif berkoordinasi dan berdiskusi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan semua pihak dapat bekerja dengan cara paling aman.

  • Kami menggunakan pendekatan melalui berbagai media untuk mengkampanyekan praktik-praktik hidup sehat, serta meningkatkan kewaspadaan pencegahan penyebaran COVID-19, melalui aplikasi Gojek dan diskusi tukar pikiran dengan para mitra.
  • Untuk layanan GoFood, kami berkolaborasi dengan mitra merchant untuk menerapkan prosedur standar kesehatan yang lebih tinggi serta pendistribusian hand sanitizers di outlet-outlet merchants untuk memastikan GoFood dan mitra merchantnya menyediakan layanan yang paling aman.
  • Kami juga telah merilis pedoman untuk menjaga agar makanan tetap higienis dan aman sebagai rujukan bagi merchant GoFood, termasuk panduan agar mitra merchant mengecek suhu karyawan secara reguler, mencatat karyawan yang memasak dan mengemas makanan, serta memastikan karyawan dan mitra driver mencuci tangan sebelum menangani makanan.

 

Area Ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah Menjaga Produktivitas. COVID-19 adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menghadirkan tantangan bagi kita semua untuk bisa tetap produktif. Mitra kami adalah pihak yang berjasa untuk menyediakan makanan dan layanan on-demand sehingga masyarakat dapat tetap produktif ketika tetap berada di rumah guna menerapkan social distancing (seperti #dirumahaja). Untuk itu, merupakan tanggung jawab kami terhadap mitra driver untuk memastikan mereka tetap aman dan produktif.

  • Kami memahami adanya risiko terhadap mitra driver GoCar dan GoRide dalam menjalani pekerjaan mereka sehari-hari. Untuk itu, kami melakukan berbagai upaya pencegahan, termasuk berupaya keras untuk menyediakan hand sanitizer dan masker yang saat ini persediaannya sangat terbatas. Di beberapa kantor operasional kami, telah dilakukan penyediaan masker dan hand sanitizer untuk para mitra driver. Meskipun sangat sulit untuk mendapatkan kedua barang tersebut, kami terus berupaya semaksimal mungkin agar semakin banyak mitra driver kami yang dapat menggunakannya. Kami juga secara aktif menggandeng berbagai pihak dari sektor publik dan swasta untuk mendapatkan suplai berbagai barang dan kebutuhan yang dapat membantu mitra driver kami untuk tetap sehat dan aman dari risiko COVID-19 dalam beberapa hari dan minggu ke depan.
  • Kemarin, kami meluncurkan skema bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terdiagnosa COVID-19. Kami memberikan pendapatan selama 14 hari dan menghentikan cicilan yang berjalan (contoh: asuransi, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya) hingga mereka kembali bekerja. Kami merupakan perusahaan on-demand pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan ini untuk mendukung mitra driver.
  • Untuk memastikan keamanan bersama, kebijakan kami adalah menonaktifkan sementara akun mitra driver yang terinfeksi COVID-19, hingga adanya konfirmasi dari tes kesehatan yang dilakukan pemerintah.
  • Kami memiliki tim yang bekerja 24/7 untuk membantu menghubungkan mitra kami dengan rumah sakit atau otoritas kesehatan jika memiliki isu terkait dengan COVID-19.

 

Upaya-upaya Gojek yang kami sampaikan di atas mustahil dapat sukses tanpa semangat "Gotong Royong" yang nyata dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dan pelanggan Gojek yang secara sukarela mengisolasi diri mereka di rumah.
 

Yang juga sangat penting untuk dicatat adalah peran luar biasa mitra kami, yang dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, senantiasa siap berada di garda terdepan untuk menyediakan makanan, layanan dan transportasi sehingga kita semua tetap dapat menjalani kehidupan senormal mungkin. Kami dan kita semua harus sangat berterima kasih kepada mereka.
 

Mari kita dukung, hargai serta junjung tinggi peran mereka hari ini dalam membantu masyarakat melewat periode sulit ini. Sebuah artikel di The New York Times bertajuk "Harapan Datang dari Sepeda Motor" menggambarkan secara tepat bagaimana penting dan berharganya perang ojek online di tengah pandemi di China saat ini.. Mereka, para mitra, menyelamatkan hidup. Tugas kita adalah mendukung mereka sebaik-baiknya untuk menjadi juara dari peran mulia mereka di cerita ini.
 

Di saat seluruh dunia bersama-sama berdoa agar pandemi COVID-19 segera usai, Gojek akan terus membuat inisiatif baru untuk meminimalisir dampaknya. Kami akan memperluas upaya dalam mendukung tenaga medis dengan menghadirkan zona "health care" yaitu area di dekat rumah sakit dimana kami membebaskan biaya pengiriman makanan dan minuman. Kami juga akan memperkenalkan voucher diskon GoRide dan GoCar khusus untuk mobilisasi tenaga medis dari dan ke rumah sakit dan pusat tes kesehatan yang bekerja tanpa mengenal lelah untuk membantu kita semua. Tujuan diberikannya voucher ini untuk mempermudah mobilisasi mereka dari dan ke rumah sakit maupun pusat tes kesehatan.
 

Itu adalah sedikit contoh dari aksi nyata yang telah kami lakukan untuk memastikan kami telah melakukan segala yang kami bisa untuk membantu masyarakat menangani pandemi ini. Kami juga berkoordinasi secara intensif dengan badan dan kementerian terkait untuk mendukung aspirasi pemerintah dalam menanggulangi pandemi ini. Kami akan informasikan inisiatif-inisiatif baru kami dalam waktu dekat.
 

Kami ingin seluruh masyarakat mengetahui bahwa kesehatan dan keselamatan adalah prioritas nomor satu, dan kami yakin apabila kita bekerja bersama-sama maka akan ada hasil luar biasa yang dicapai. Dan ingat, satu hal yang bisa dilakukan saat ini adalah untuk tetap di rumah, baik untuk bekerja, belajar maupun beribadah. Bahkan dengan menonton TV pun, Anda mencontohkan gerakan #dirumahaja yang baik untuk menyelamatkan diri Anda, keluarga dan orang yang Anda cintai!
 



Salam hangat,

Kevin & Andre

Co-CEO Gojek


Stay Connected

FB GOJEK TWITTER GOJEK YOUTUBE GOJEK IG GOJEK

Download Now!

Google Play download Download App Store

Copyright by Gojek Indonesia.
Berhenti Berlangganan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar