Seperti yang kita tau, kalau era digital marketing di tahun 2020 ini bukan lagi sebuah isapan jempol belaka. Sudah banyak sekali bukti di google maupun youtube yang memberikan sebuah gambaran bahwa promosi di internet adalah hal wajib.. Yang menjadi pertanyaan adalah... Apa saja macam macamnya? Tentu sangatlah banyak... Namun, secara dasarnya, biasanya teknik promosi di bagi menjadi 2 model.. Model pertama, biasanya ini model promosi gratisan. Model kedua, biasanya ini model promosi berbayar. Dari namanya saja sudah terlihat, apa perbedaan keduanya kan? Jika yang pertama, sudah pasti kita memanfaatkan media media gratisan, sehingga kita bisa menghemat budget marketing kita. Yang kedua, kita memaksimal media media berbayar, tentu namanya berbayar, kemungkinannya akan lebih bagus hasilnya daripada yang gratis... Lalu.. Dimana saja kita bisa promosi gratisan itu? Jamak kita bisa menemukan, kalau promosi gratisan biasanya kita promosinya bisa melalui media sosial. Misalnya, menggunakan facebook, instagram, twitter, dllnya. Jika yang berbayar, kita bisa memanfaatkan media media iklan berbayar seperti fb ads, google ads, endorsment instagram, dan masih banyak lainnya.. Nah.. Sebenarnya, selain dua teknik di atas, masih ada beberapa cara lainnya.. Misal menggunakan teknik viral marketing, dan juga menggunakan media promosi email marketing.. Gimana? Anda ingin memilih teknik yang mana? Jika anda bertanya kepada saya, yang bagus yang mana, maka saya merekomendasikan dua hal utama untuk anda.. Pertama, jika anda memiliki budget yang minimalis, gunakan teknik gratisan dulu baru berbayar. Kedua, jika anda memiliki budget lebih untuk promosi anda, anda bisa memanfaatkan media media iklan berbayar, misalnya di fb ads Bagus mana antara keduanya? Keduanya bagus, tapi saya hanya berbicara tentang ukuran kebutuhan anda masing-masing saja Semoga bermanfaat sharing saya kali ini ya :) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar