Semua pebisnis besar menggunakan form, kenapa? *** Hallo, ini merupakan email lanjutan dari yang kemarin. Kalau anda belum baca email saya kemarin, silahkan baca dulu deh. Judulnya "Rahasia Gojek & Tokopedia".
Lanjut... Di email sebelumnya saya sempat menyebutkan istilah form, inilah yang menyebabkan gojek dan tokopedia bisa berkembang sangat cepat.
Maksudnya apa sih? Ok kita liat. Pernahkah anda melihat form ini? |
Itu formulir pendaftaran Gojek.
Kalau form ini? Pernah tau? |
Yes, itu formulir pendaftaran Shopee.
Pertanyaannya, kenapa saat anda ingin menjadi member Gojek dan Shopee anda diwajibkan mengisi data diri? (spt. email, no hp, nama, alamat)
Apa agar anda bisa memiliki akun disana? Yes ini betul. Tapi ada sesuatu dibalik itu.
Apa? Karena Gojek dan Tokopedia ingin menyimpan data anda di sistem mereka. Karena mereka paham, sekarang adalah zaman data. Semakin banyak data yang berhasil dimiliki, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh.
Dengan data, mereka bisa membaca perilaku anda. Dengan data, mereka bisa promosi kapan saja. Dan dengan data, biaya marketing menjadi lebih murah.
Paham ya sekarang. Fungsi form (formulir) disini bukan sekedar sebagai syarat membuat akun saja. Melainkan karena data anda sedang dikumpulkan. Jadi jangan heran kenapa perusahaan-perusahaan besar selalu meminta data anda terlebih dahulu sebelum anda bisa menggunakan fasilitas mereka.
Contoh data. Data yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan besar umumnya ada 4;
Semakin banyak data yang ditanyakan, maka akan semakin bagus. Karena data tentang anda akan semakin akurat.
Komponen memburu database Pertanyaannya sekarang, komponen apa saja yang harus dimiliki saat membangun data? (Dan bisa nada tiru tentunya)
Penasaran? Cek lagi email saya besok ya. Soalnya email ini uda kepanjangan, hehe.
Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di email besok.
Salam, Note. Di email besok, saya akan jelaskan tentang komponen wajib saat para pebisnis expert membangun list.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar